Selasa, 28 Juli 2009

Baju koko anak

Rabu, 29 Juli 2009
CARA MEMBUAT BAJU KOKO
Anak adalah buah hati kita, alangkah senangnya jika kita dapat membuatkan baju untuk anak kita sendiri, kita dapat menentukan sendiri corak, warna serta model baju yang akan kita buat. Untuk baju anak saya sangat suka membuat baju muslim baik itu baju koko atau gamis anak. Kali ini saya akan membahas mengenai pembuatan baju koko anak. Untuk membuat baju koko mesti tau dulu bagaimana membuat pola dasar baju anak laki-laki.

POLA DASAR KEMEJA ANAK LAKI-LAKI
Ukuran yang diperlukan
1. Lingkar badan
2. Panjang punggung
3. Lingkar leher
4. Lebar bahu
5. Lebar dada
6.lebar bahu
Contoh ukuran
1. Lingkar badan = 64 cm
2. Panjang punggung = 23 cm
3. Lebar punggung = 26 cm
4. Lingkar leher = 30 cm
5. Lebar bahu = 9 cm
6. Lebar dada = 25 cm
Dari ukuran yang sudah ada, yang harus dilakukan yaitu membuat pola depan dan pola belakang:


Pola depan
Buatlah garis siku A, B, C, D
A – B = ½ lingkar badan + 2 cm = (64 cm : 2 ) + 2 cm = 34cm
C – D = A - B = 34 cm
A – C = panjang punggung + 1 ½ cm = 23 cm + 1 ½ = 24 ½ cm
B – D = A-C = 24 ½
A – K = 1/6 lingkar leher + ½ cm = (30 cm:6 ) + ½ cm = 5 ½ cm
A – L = (A – K ) + 1 cm = 5 ½ cm + 1 cm = 6 ½ cm
K – L = kerung leher depan
A – I = ½ A-B = 32 cm :2 = 17 cm
C – R = A-I = 17 cm
I – J = turun 2 ½ cm
R - H = ½ R – J = (24 ½ cm – 2 ½ cm ) : 2 = 11 cm
Hubungkan titik K-J
K – P = lebar bahu = 9 cm
C – G = R - H = 11 cm
L – M = ½ L-G = 3 ½ cm
M – S = ½ lebar dada =25 cm : 2 = 12 ½ cm
Hubungkan titik P – S – H menjadi kerung lengan badan depan
C – C ’ = turun 1 cm
Hubungkan titik C’- R

Pola belakang
B – F = turun 1 ½ cm
B – O = A – K = 5 ½ cm
Hubungkan titik O – F menjadi kerung leher belakang
Tariklah garis :
O - Q = lebar bahu 9 cm
D – E =R – H = 11 cm
E – N = ½ E – F = 6 cm
N – T = ½ lebar punggung = 26 cm:2 = 13 cm
Hubungkan titik Q – T – H menjadi kerung lengan badan belakang
Ukuran di atas hanya sekedar contoh, jadi dapat di sesuaikan dengan besar kecilnya badan anak yang akan diukur. Setelah paham mengenai pola dasar di lanjutkan dengan perubahan bentuk pola
Pola dasar baju koko
Sebenarnya ini adalah pola dasar pembuatan kemeja tapi dapat digunakan untuk pola baju koko
Pola depan
Buatlah pola dasar badan depan untuk anak laki-laki dengan perubahannya
P – S = naik ½ cm
A – S = ½ lebar punggung atas = 26 cm : 2 = 13 cm
A – M = panjang kemeja 35 cm
L – L’ = M – M’ = 1 ½ cm
H – H’ = 2 cm
R – R’ = 1 ½ cm
M’ – Z = G – H’ = 20 ½ cm
Titik Z naik 1 cm
K – K = S – S’ = turun 2 ½ cm
Hubungkan titik K’- L’ – M’- Z - R ’ - H’ – S’ – K ’ menjadi pola badan depan
Hubungkan titik K- K’ – S – S’ – K menjadi pola pas bahu yang dapt disatukan dengan pola belakang
Pola belakang
Dari pola dasar belakang untuk anak laki, perubahannya
Q – Q’ = naik ½ cm
F – Q’ = ½ lebar punggung = 26 cm : 2 = 13 cm
H – H ' = 2 cm
R – R’ = 1 ½ cm
F – N = turun 5 cm
F – N – T = sudut siku-siku
Hubungkan titik O – F – N – T – Q’ – O menjadi pola pas bahu belakang
Hubungkan titik N – X – Y- R – H – T – N menjadi pola belakang
Hal yang harus dilakukan selanjutnya yaitu cara membuat pola lengan baju

Pola lengan
Ukuran yang diperlukan:
1. Panjang lengan
2. Lingkar kerung lengan
3. Lingkar lengan


Contoh ukuran
1. panjang lengan : 15 cm
2. Lingkar kerung lengan : 28 cm
3. Lingkar lengan : 24 cm
Pola lengan
A – B = B – C = panjang lengan 15 cm
A – B = D – C = ½ lingkar kerung lengan =28 cm : 2 = 14 cm
B – E = ½ A - B = 14 cm : 2 = 7 cm
D – F = ½ lingkar lengan = 24 cm:2 = 12 cm
Kerung lengan depan :
A – G =E – H = ¼ A-E
Titik G ke kiri 1 cm dan titik H ke kanan 1 cm
Kerung lengan belakang
A - I = 1/3 A- E
Titik I ke kiri 1 ¼ cm
Titik J ke kanan ¼ cm
Pada bagian lengan pada contoh diatas adalah pola lengan pendek karena baju koko itu lengannya panjangnya maka tinggal di panjanganin aja lengannya
Pola kerah
Untuk membuat baju koko diperlukan sebuah kerah yang mirip dengan kerah baju sanghai
Ukuran yang di perlukan adalah lingkar leher
A-B = 3 cm
A-B lebar kerah = untuk anak –anak biasanya 2 cm
B-D= ½ lingkar leher = 30 : 2 = 15 cm
B-E = ½ B-D = 9 cm
C-G= kerung leher (K-G-D)
D-G= B-C= lebar kerah = 2 cm
Selesai nih buat baju ya, selanjutnya buat celana tentu nya
MEMBUAT CELANA PANJANG ANAK
Ukuran yang diperlukan
1. Panjang celana
2. Lingkar pinggang
3. Lingkar pisak
4. ½ lingkar paha
5. ½ lingkar lutut
6. ½ lingkar kaki
7. Panjang lutut

contoh ukuran
1. Panjang celana : 45 cm
2. Lingkar pinggang :52 cm
3. Lingkar pisak : 45 cm
4. ½ lingkar paha : 20 cm
5. ½ lingkar lutut : 16 cm
6. ½ lingkar kaki : 13 cm
7.panjang lutut : 30 cm

POLA DEPAN
1. Buatlah garis siku A,B,C,D, E
A - B = lebar ban pinggang 2 cm
A - C = 1/3 lingkar pisak + 4 cm = (48 cm : 3 ) + 4 cm = 20 cm
A - D = panjang lutut 30 cm
A - E = panjang celana 45 cm
2.Bagian paha
C - F = ½ lingkar paha – 2 cm = 20 – 2 = 18 cm
C - I = ½ C – F = 20 cm - : 2 = 10
C- G = ke kiri 3 cm
F - G = 20 cm – 3 cm = 17 cm
C – H = ½ C – G = 17 : 2 = 8 ½ cm
3.Bagian pinggang
B – J = C – H = 8 ½
B – V = C – I = 10 cm
K – L = ¼ lingkar pinggang = 52 : 4 = 13 cm
J – K = J – L = 13 cm : 2 = 6 ½ cm
K – K’ = L – L’ = lipit kerut 2 ½
Titik L’ tutun ½ cm
Hubungkan K’- L’ dan L’ – G
G – U = C – T = naik 6 cm

Biasanya kalau aku buat celana koko engga’ aku pakai lipit / kerut. Ban pinggangnya langsung pake karet jadi engga’ pake resliting lagi sbb yang aku sering buat itu untuk anak –anak di bawah umur 3 tahun jadi biar engga' susah makenya dan buatnya lebih mudah langsung aja pake karet celana.
4. bagian kaki
E – N = C – I = 10 cm
O – P = ½ lingkar kaki – 1 cm = 13 cm – 1 cm = 12 cm
N – O = N – P = 12 cm: 2 = 6 cm
Hubungkan titk V – I – N melalui Q
5. bagian lutut
R – S = ½ lingkar lutut – 1 ½ cm = 16 – 1 ½ = 14 ½ cm
Q – R = Q – S = 14 ½ cm : 2 = 7 ¼
Hubungkan titk K’- T – C – R – O - P – S – F – U – L’ – K’ menjadi pola bagian depan
6. letak kantong sisi
K’ – n = turun 2 cm
N – m = lebar kantong 9 cm
Kalau tidak mau pake kantong sisi juga bisa.
7.letak kupnat
V – V’ = lebar kupnat 2 ½ cm
Panjang kupnat 1 ½ cm atau 2 cm

Pola belakang
Buatlah pola bagian depan terlebih dahulu, perubahannya
1. Bagian pinggang
L – X = 2 cm
Hubungkan titik G – X terus keatas
X – X’ = naik 2 cm
X’ – Y = ¼ lingkar pinggang + 1 cm ( 52 cm : 4 ) + 1 = 14
Y – Y’ = X’ – Z = tambahan untuk kerut 2 ½
Catt. Kalau tidak mau pake kerut tidak usah dibuat
2.Bagian paha
C – C’ = F– F’ = 2 cm
3. Bagian lutut
R – R’ = S – S’ = 1 ½ cm
Bagian kaki
O - O' = P - P' = 1 cm
Dikutip dari: buku penuntun membuat pola busana tingkat dasar oleh : Soekarno

Pada gambar pola kan ada gambar kantong, untuk kantong terserah kita juga mau pake apa engga', kalu aku biasanya suka buat kantong di sisi celana.
Setelah tau cara buat baju koko, tinggal terserah kita mau bagaimana perpaduan warnanya, pake kantong atau tidak bajunya.
Ini anakku yang pertama ....namanya M. Zaki Abdillah. Cakepkan pake baju koko. Baju koko ini kubuat dari dasar batik, kebetulan aku ada dasar batik sisa, terus cari dasar sisa yang kira-kira senada dengan warna batik, jadi deh. Kok dasar sisa mulu nih....he...he...kan baju anak-anak jadi kita engga perlu banyak make dasar.
Kalau yang ini buatnya pake dasar katun biar adem pakenya, dibuatnya sih udah lama lebaran
idul fitri kemarin waktu anakku baru umur 1 tahun, sengaja waktu dia umur 1 tahun aku buatin agak besar supaya masih bisa kepake sampe umur 2,5 tahun. foto ini semuanya diambil saat zaki umur 2 tahun.
Ini kubuat pada saat aku lagi hamil anak kedua, saat kandungan ku umurnya 8 bulan, pada saat itu aku suka jahit baju anak perempuan, zakinya ngambek pengen di buatin juga baju. ya jadilah baju ini....
Sekarang zaki sudah punya adek perempuan namanya Azka Hazima...hem... jadi pengen bikin gamis nih putriku.

Kalau temen - temen males bikin sendiri baju kokonya dan minta dibuatin boleh kok..tapi ada biayanya .......dan sementara ini hanya untuk daerah palembang dan sekitarnya....biayanya engga' mahal kok. Kalau pake dasar sendiri biayanya cuma Rp. 20.000 tapi kalau dari aku ...tergantung dasarnya. harganya berkisar Rp.30.000- Rp. 50.000. mau pesen nih alamat emailku : Hamimah_munah@yahoo.co.id
Tunggu ya di artikel selanjutnya gamis anak

14 komentar:

Abuz@ky mengatakan...

Assalamu'alaikum
Alhamdulillah, koleksinya bagus banget.
Ditunggu ya kreasi berikutnya.

Abizaky

ida_annisa mengatakan...

di tunggu kreasi gamisnya

ida_annisa mengatakan...

di tunggu kreasi gamisnya

jumiroh mengatakan...

ditunggu koleksi baju muslim ibunya

deasy mengatakan...

salam kenal.
makasih info2 nya

ummu azzam mengatakan...

minta ijin saya copy pola nya ya mbak..jazakillah khair

emma`s mengatakan...

assalamualaikum
mbak salam kenal yah...?
ijin ikut belajar yah...
^_^ maturnuwun...jazakillah khair...

Anonim mengatakan...

kak ada yang kuran tu
pada bagian lengan baju


lengan baju depan
:4
lengan bagian blk
:3

supaya tidak kriput pada bagian depan tangan
by :dayta_32@yahoo.com

mamik mengatakan...

Ummi Zaky, terima kasih, saya bisa belajar membuat baju dari blog yang Ummi buat.....(Mamik Sumbawa Barat)

ummumardhiyah mengatakan...

alhamdullilah,,,selesai juga prateknya,trima kasih polanya di tunggu gamis untuk anak cewek

Adiyana Ummu mengatakan...

K-s dan k1-s1 berapa cm? Sama juga dengan pola pas belakang masih belum paham pembesarannya?

Ai Ginanjar mengatakan...

Ummi Zaky, makasih panduan pola baju muslim anak-anaknya, moga bermanfaat ya....

Ai Ginanjar mengatakan...

Ummi Zaky, makasih panduan pola baju muslim anak-anaknya, moga bermanfaat ya....

Riyadhul Hasanah mengatakan...

Sya jga blm mngerti A-S bgaimna...K-S dan K1-S1 bgtu jga dg yg blakang...ada yg bsa bntu jelasin??